Skip to main content

Analisis Aspek Perkembangan Kegiatan "Painting" Tema Hewan

Assalamualaikum wr wb 
Ketemu lagi ya sama aku, kali ini aku mau share 4 ide pembelajaran painting yang bisa digunakan untuk Tema Hewan, untuk video silakhan lihat di channel youtube aku ya bunda... 
https://www.youtube.com/watch?v=yWkZSeKAGfQ&t=20s



 
karena disini aku cuma akan jelasin analisis aspek perkembangan yang bisa dicapai jika melakukan pembelajaran ya bunda, selamat membaca ...

Video 1 (Membuat Ikan)
1. Kognitif
    - kemampuan anak untuk mengenal warna 
    - kemampuan anak untuk mengenal hewan hidup di air yaitu ikan 
    - kemampuan anak untuk mengenal makanan hewan ikan 
    - kemampuan anak menyebutkan bagian - bagian tubuh hewan, yakni sirip, ekor, tubuh, mata, dll
2. Bahasa
    - kemampuan anak menceritakan pengalamannya tentang ikan, apakah dia pernah memelihara, memakan, akan memberi makan ikan
3. Sosial emosional
    - kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
    - kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
    - kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
4. Agama Moral
    - kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belaajar
    - kemampuan anak untuk mengetahui makhluk hidup ciptaan Allah
5. Seni
    - kemampuan anak untuk membuat pola sisik sesuai keinginan 
    - kemampuan anak untuk memilih warna ikan yang ia sukai
6. Fisik Motorik 
    - Kemampuan anak untuk mengkoordinasikan mata dan tangan supaya mewarnainya tidak keluar garis atau comot
    - kemampuan anak untuk membuat pola sisik dengan menggunakan tangan

Video 2 (Membuat Landak)
1. Kognitif   
    - kemampuan anak untuk mengenal warna 
    - kemampuan anak untuk mengenal tempat hidup landak
    - kemampuan anak untuk mengenal makanan landak 
    - kemampuan anak untuk menyebutkan bagian - bagian tubuh hewan landak seperti; mata, kaki, duri, dll
2. Bahasa
    -kemampuan anak untuk menceritakan pengalamannya melihat landak (jika pernah)
    - kemampuan anak menceritakan kembali perasaannya setelah melihat hewan landak (jika belum pernah melihat sebelumnya dan harus dilihatkan melalui video)
3. Sosial Emosional
    - kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
    - kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
    - kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
4. Agama Moral
    - kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belaajar
    - kemampuan anak untuk mengetahui makhluk hidup ciptaan Allah
5. Seni
    - kemampuan anak untuk membuat pola duri pada landak artinya ia bisa membuat sesuai dengan landak aslinya
6. Fisik Motorik
    - kemampuan anak untuk membuat pola duri pada landak atau tidak comot

Video 3 (Membuat Angsa)
1. Kognitif
- Kemampuan anak untuk mengenal makanan binatang angsa 
- Kemampuan anak untuk mengenal bagian – bagian tubuh binatang angsa
2. Sosial Emosional
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- Kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
3. Bahasa
- Kemampuan anak untuk menceritakan pengalamannya melihat hewan angsa baik secara langsung maupun lewat video
4. Fisik-Motorik
- Kemampuan anak untuk meratakan warna di tangannya dengan rata 
- Kemampuan anak untuk menempel tangan di bagian tengah  tidak terlalu ke samping kiri atau kanan
5. Seni
- Kemampuan anak untuk menjaga jarak tangannya supaya saat dicetak bisa menjadi angsa yang bagus 
6. Agama dan Moral
- Kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar
- Kemampuan anak untuk mengenal ciptaan Allah SWT

Video 4 (Membuat Ulat)
1. Kognitif
- Kemampuan anak untuk menyebutkan macam – macam warna yang ada di tubuh ulat
- Kemampuan anak menghitung 1-10 bulatan yang ada di tubuh ulat
- Kemampuan anak untuk mengenal tempat tinggal ulat
- Kemampuan anak untuk mengenal makanan ulat
2. Sosial Emosional
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- Kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
3. Bahasa
- Kemampuan anak untuk menceritakan kembali pengalamannya bertemu ulat
- Kemampuan anak untuk menceritakan kembali apa yang disebabkan jika kita memegang ulat 
4. Fisik-Motorik
- Kemampuan anak untuk mengikuti pola bulatan ulat
- Kemampuan anak untuk membuat bulatan tanpa belepotan
5. Seni
- Kemampuan anak untuk mengkombinasikan 10 macam warna pada tubuh ulat
6. Agama dan Moral
- Kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar
- Kemampuan anak untuk mengenal ciptaan Allah SWT

Itu tadi ialah beberapa aspek perkembangan yang bisa dicapai jika bunda menggunakan kegiatan tersebut untuk tema Hewan yaa.. bun, jangan lupa comment apabila ada beberapa aspek yang bisa dikembangkan juga dalam pembelajaran ini, request kegiatan atau pertanyaan... 
Terimakasih
Wasalamualaikum wr wb 


Popular posts from this blog

Mata Kuliah + Rekomendasi Buku Kuliah Mahasiswa S1 PG PAUD Semester 1

 Haiii guys, Assalamualaikum wr wb Berikut bakalan aku kasih rekomendasi buku yang bisa klian gunakan untuk setiap mata kuliah yang aku sebutkan di semester 1, sekali lagi aku sampaikan kalau mata kuliah setiap angkatan biasanya berbeda, dan mata kuliah pada universitas yang berbeda meskipun jurusannya seringkali juga mengalami perbedaan. Jadi semua ini murni dari pengalaman creator ya.  Oke langsung aja!! 1. Aplikasi Komputer Untuk Anak Usia Dini Tidak ada buku yang bakalan aku rekomendasikan, karena disini kita hanya belajar tentang aplikasi statistika untuk penelitian PAUD seperti SPSS, ada juga yang belajar tentang aplikasi editor video, cara membuat aplikasi android, dll. Jadi tergantung dosennya mau ngasih materi apa.  2. Bahasa Indonesia  Bahasa Indonesia ini merupakan mata kuliah wajib dari universitas ya, buku yang digunakan pun sesuai dengan buku yang direkomendasikan oleh dosennya masing - masing. Berikut buku yang aku rekomendasikan: 3. Landasan Kependidi...

Teks Lirik SYAHRUR ROBI'I WAFANA: Arab Latin dan Terjemah

Salam olahraga teman-temanku yang dirahmati Allah SWT. Pada postingan hari ini kami akan membagikan lirik sholawat syahrur robi'. Lagu ini sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat khususnya para pecinta Rosulullah dan para pesholawat. Nah saking populernya maka banyak yang berusaha mencari lirik syahrur robi' ini untuk dijadikan sebagai referensi tertulisnya, jadi kami akan menyiapkan teksnya lengkap baik dalam bentuk Arab, latin dan terjemahnya. Kemudian untuk tambahan kami juga sedikit akan memberikan keterangan tentang makna yang terkandung didalam lagu sholawat syahrur robi'. Harapannya agar teman-teman bisa merasakan maknanya sehingga bisa lebih menghayati ketika sedang melantunkan dalam acara sholawat dan bisa khusyu'. Sholawat syahrur robi'i wafana merupakan syi'ir yang mengisahkan tentang datangnya bulan robi'ul awwal. Kita semua tahu dibulan tersebut telah lahir seorang Nabi dari Bani Hasyim yaitu Muhammad SAW. Oleh karena itu dunia seakan bergembi...

Lirik Royatul Hubbi (Rosulallah La Yurdhika): Teks Arab, Latin dan Artinya

Royatul hubbi atau yang biasa dikenal dengan judul Rosulallah la yurdik merupakan lagu albanjari yang dipopulerkan oleh grup sholawat albanjari Sukarol Munsyid yang berasal dari kota Mojokerto. Kali ini kami akan membagikan teks atau lirik royatul hub untuk Anda semua agar bisa melantunkan lagu atau syair ini karena  menyentuh hati dan enak didengar. Rosulallah laa yurdika hadzal haalu lil 'urbi  Wa laa yurdika maa yabdu minal islami fil ghorbi Wa lakin hasbuna yurdika 'awdatuna ilad darbi  Bi 'awdatina ilal islami ta'lu royatul hubbi Minal azamati yaghmuruni syu'urun anna lissababu  Falaw anni ilal islami haqqon kuntu an tasibu Lamma qoolats Muhammadana rosulun shoghohal kadzibu  Wa laa 'ammats mahafilana da'awa fahal adabu رَسُـوْلَ الله لَايُرْضِـيْكَ هَذَاالْحَالُ لِلْعُـرْبِ وَلَايُرْضِيْكَ مَايَبْدُومِنَ الْإِعْلَامِ فِي الْغَرْبِي وَلَكِنْ حَسْـبُنَا يُرْضِيْكَ عَوْدَتُنَا إِلَى الدَّرْبِ  بِعَـوْدَتِنَا إِلَى الْإسْـلاَمِ تَعَالُ رَايَةُ ا لْحُـبِّ ...