Assalamualaikum wr wb
Ketemu lagi ya sama aku, kali ini aku mau share 4 ide pembelajaran painting yang bisa digunakan untuk Tema Hewan, untuk video silakhan lihat di channel youtube aku ya bunda...
https://www.youtube.com/watch?v=yWkZSeKAGfQ&t=20s
karena disini aku cuma akan jelasin analisis aspek perkembangan yang bisa dicapai jika melakukan pembelajaran ya bunda, selamat membaca ...
Video 1 (Membuat Ikan)
1. Kognitif
- kemampuan anak untuk mengenal warna
- kemampuan anak untuk mengenal hewan hidup di air yaitu ikan
- kemampuan anak untuk mengenal makanan hewan ikan
- kemampuan anak menyebutkan bagian - bagian tubuh hewan, yakni sirip, ekor, tubuh, mata, dll
2. Bahasa
- kemampuan anak menceritakan pengalamannya tentang ikan, apakah dia pernah memelihara, memakan, akan memberi makan ikan
3. Sosial emosional
- kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
4. Agama Moral
- kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belaajar
- kemampuan anak untuk mengetahui makhluk hidup ciptaan Allah
5. Seni
- kemampuan anak untuk membuat pola sisik sesuai keinginan
- kemampuan anak untuk memilih warna ikan yang ia sukai
6. Fisik Motorik
- Kemampuan anak untuk mengkoordinasikan mata dan tangan supaya mewarnainya tidak keluar garis atau comot
- kemampuan anak untuk membuat pola sisik dengan menggunakan tangan
Video 2 (Membuat Landak)
1. Kognitif
- kemampuan anak untuk mengenal warna
- kemampuan anak untuk mengenal tempat hidup landak
- kemampuan anak untuk mengenal makanan landak
- kemampuan anak untuk menyebutkan bagian - bagian tubuh hewan landak seperti; mata, kaki, duri, dll
2. Bahasa
-kemampuan anak untuk menceritakan pengalamannya melihat landak (jika pernah)
- kemampuan anak menceritakan kembali perasaannya setelah melihat hewan landak (jika belum pernah melihat sebelumnya dan harus dilihatkan melalui video)
3. Sosial Emosional
- kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
4. Agama Moral
- kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belaajar
- kemampuan anak untuk mengetahui makhluk hidup ciptaan Allah
5. Seni
- kemampuan anak untuk membuat pola duri pada landak artinya ia bisa membuat sesuai dengan landak aslinya
6. Fisik Motorik
- kemampuan anak untuk membuat pola duri pada landak atau tidak comot
Video 3 (Membuat Angsa)
1. Kognitif
- Kemampuan anak untuk mengenal makanan binatang angsa
- Kemampuan anak untuk mengenal bagian – bagian tubuh binatang angsa
2. Sosial Emosional
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- Kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
3. Bahasa
- Kemampuan anak untuk menceritakan pengalamannya melihat hewan angsa baik secara langsung maupun lewat video
4. Fisik-Motorik
- Kemampuan anak untuk meratakan warna di tangannya dengan rata
- Kemampuan anak untuk menempel tangan di bagian tengah tidak terlalu ke samping kiri atau kanan
5. Seni
- Kemampuan anak untuk menjaga jarak tangannya supaya saat dicetak bisa menjadi angsa yang bagus
6. Agama dan Moral
- Kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar
- Kemampuan anak untuk mengenal ciptaan Allah SWT
Video 4 (Membuat Ulat)
1. Kognitif
- Kemampuan anak untuk menyebutkan macam – macam warna yang ada di tubuh ulat
- Kemampuan anak menghitung 1-10 bulatan yang ada di tubuh ulat
- Kemampuan anak untuk mengenal tempat tinggal ulat
- Kemampuan anak untuk mengenal makanan ulat
2. Sosial Emosional
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab mengemas kembali alat dan bahan kegiatan setelah selesai
- Kemampuan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir
- Kemampuan anak untuk mandiri mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain
3. Bahasa
- Kemampuan anak untuk menceritakan kembali pengalamannya bertemu ulat
- Kemampuan anak untuk menceritakan kembali apa yang disebabkan jika kita memegang ulat
4. Fisik-Motorik
- Kemampuan anak untuk mengikuti pola bulatan ulat
- Kemampuan anak untuk membuat bulatan tanpa belepotan
5. Seni
- Kemampuan anak untuk mengkombinasikan 10 macam warna pada tubuh ulat
6. Agama dan Moral
- Kemampuan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar
- Kemampuan anak untuk mengenal ciptaan Allah SWT
Itu tadi ialah beberapa aspek perkembangan yang bisa dicapai jika bunda menggunakan kegiatan tersebut untuk tema Hewan yaa.. bun, jangan lupa comment apabila ada beberapa aspek yang bisa dikembangkan juga dalam pembelajaran ini, request kegiatan atau pertanyaan...
Terimakasih
Wasalamualaikum wr wb